Suara al-Fatihah Bergema di HUT Pancasila

itoday - Wakil Ketua MPR Lukman Hakim Saifuddin mengajak tamu undangan yang hadir dalam HUT Pancasila membacakan surat Al Fatihah untuk kesembuhan Taufik Kiemas.

"Mari bacakan surat Al Fatihah untuk beliau," ungkap politisi putra mantan menteri Agama KH Saifuddin Zuhri di Gedung MPR, Jakarta, Jumat (1/6).

Menurut politisi NU ini, Taufik Kiemas berhalangan hadir dalam acara HUT Pancasila karena sedang sakit. "Beliau menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya," paparnya.

Lukman Hakim Saifuddin tampak memberikan pidato menggantikan Ketua MPR Taufiq Kiemas yang sedang sakit.

Dalam pidato HUT Pancasila, Lukman mengatakan, kukuhnya nilai-nilai Pancasila tidak terlepas dari berbagai nilai luhur yang memang sudah sejak lama telah dimiliki oleh bangsa Indonesia.

"Nilai-nilai tersebut lebih dikenal dengan nilai luhur ke-Indonesia-an yang antara lain adalah bangsa yang bertakwa, berakhlak mulia, berbudaya, berbudi pekerti luhur, bermartabat,  mempunyai semangat kebangsaan yang tinggi, dan lain sebagainya.

Kata Lukman, untuk menumbuhkembangkan nilai luhur tersebut maka upaya pembudayaan nilai Pancasila dalam segala sendi kehidupan perlu dan wajib dilakukan.

"Pembudayaan Pancasila tidak hanya pada kulit luar budaya, misalnya hanya pada tingkat propaganda, pengenalan serta pemasyarakatan, akan tetapi sampai pada tingkat kemampuan mental kejiwaan manusia yaitu sampai pada tingkat akal, rasa dan kehendak manusia," pungkasnya.
Penulis: Achsin   
Jumat, 01 Juni 2012 13:23

Top