Pembukaan dan Sarasehan Gelora Sosialisasi 4 Pilar di MPR RI

Dalam rangka menyambut peringatan Hari Perempuan Sedunia (Women Day) yang jatuh pada tanggal 8 Maret 2011, Indonesia Women Millenium Development Goals (MDGs) hari ini, Rabu (2/3) bertempat di Gedung Nusantara V, Kompleks MPR/DPR/DPR, Senayan, Jakarta, menyelenggarakan sarasehan gelora sosialisasi 4 pilar berbangsa dan bernegara ( Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika ) dengan tema ‘Sosialisasi 4 Pilar Berbangsa Dalam Membangun Kampung MDGs untuk Indonesia Sejahtera Berdasarkan National Character Building untuk pencapaian MDGs 2015’.

Acara tersebut dihadiri lebih dari 200 peserta

wanita Indonesia dari 13 daerah di Indonesia antara lain dari DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Riau, Bengkulu, Lampung, Sumatera Utara, Manado, Sulawesi Selatan dengan narasumber utama, Wakil Ketua MPR RI Lukman Hakim Saifuddin dan keynote speaker, Wakil Ketua MPR Melani Leimena Suharli.

 

 

Koordinator Nasional Indonesia Women MDG’s Dra Hulfa mengatakan bahwa acara sarasehan tersebut, adalah bagian dari rangkaian acara peringataan hari perempuan sedunia. Sebelumnya pada tanggal 25 Februari 2011 lalu telah diadakan acara Lomba Senam Aerobik di Gedung Aula Kemenpora yang dihadiri sekitar 500 perenpuan Indonesia. Dan nanti pada tanggal 14-17 April 2011 akan diselenggarakan acara Expo Family MDGs sekaligus memperingati Hari Kartini di Gedung Aula Kemenpora Jakarta.

“Khusus untuk penyelanggaraan sarasehan pada hari ini sangat istimewa karena tema 4 pilar kami sandingkan dengan program 8 tujuan percepatan pencapaian MDGs tahun 2015 untuk Indonesia lebih sejahtera. Misi kami, menuju pencapaian MDGs 2015 dengan gelora sosialisasi 4 pilar berbangsa ini dalam membangun national character bulding,” ujar Hulfa.

Delapan target pencapaian MDGs yang dimaksud adalah, pertama, menanggulangi kemiskinan dan kelaparan, kedua mencapai pendidikan dasar untuk semua, ketiga mendorong kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan, keempat menurunkan angka kematian anak, kelima meningkatkan kesehatan ibu, keenam memerangi HIV, Aids, malaria dan penyakit menular lainnya, ketujuh memastikan kelestarian lingkungan hidup, kedelepan membangun kemitraan global untuk pembangunan.

Dalam kesempatan itu, Wakil Ketua MPR Melani Leimena Suharli mengatakan tentunya pimpinan MPR sangat mendukung tujuan dan target pencapaian MDGs 2015 agar bisa tercapai, paling tidak mendekati pencapaian kesejahteraan yang dipersyaratkan dunia.

Terkait dengan peran perempuan Indonesia sehubungan dengan menyambut peringatan hari perempuan sedunia, Melani bertutur bahwa saat ini banyak perempuan Indonesia yang berperan aktif dan penting di negara ini.

“Di DPR RI perwakilan perempuan ada sekitar 18% dari total keseluruhan anggota DPR. Perempuan juga menduduki posisi penting sebagai Wakil Ketua di DPD RI yaitu Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas. Mudah-mudahan ke depan kita bisa memaksimalkan menjadi 30% perwakilan perempuan di legislatif,” ujar Melani.

Narasumber utama Lukman Hakim Saifuddin dalam pemaparannya menjelaskan soal kenapa 4 pilar berbangsa dan bernegara ( Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika) perlu disosialisasikan kepada masyarakat.

“Kita semua tahu bahwa 4 pilar itu adalah sesuatu yang tidak asing sebenarnya, tapi ketika kita memasuki era reformasi pada tahun 1998, disadari atau tidak disadari, langsung atau tidak langsung, memang kemudian dirasakan oleh banyak kalangan, mayoritas kita sebagai anak bangsa mulai melupakan atau mengabaikan nilai-nilai yang sesungguhnya telah dirumuskan oleh para pendahulu bangsa yang kita kenal dengan 4 pilar ini. Kemudian karena konstitusi kita sudah banyak mengalami perubahan, banyak masyarakat yang belum memaham juga.

Kurang pemahaman akan konstitusi kita ini bukan saja dialami oleh masyarakat luas, tapi juga dialami oleh para elit politik, penguasa dan pemerintah baik di pusat maupun di daerah sehingga perlu dilakukan sosialisasi tersebut,” papar Lukman.(aya)

 

http://beritasore.com/2011/03/03/pembukaan-dan-sarasehan-gelora-sosialisasi-4-pilar-di-mpr-ri/

Top