Wakil Ketua MPR: Jika Fraksi Dibubarkan, DPR Jadi Liberal

JAKARTA, PedomanNEWS - Wakil Ketua MPR RI Lukman Hakim, menyesalkan jawaban Ketua DPR RI Marzuki Ali yang mendukung pembubaran fraksi di parlemen dalam diskusi di Jakarta, Senin (23/7).

Sebelumnya, secara substantif Marzuki melihat pembubaran fraksi ada benarnya. Walaupun menurutnya, secara hukum meragukan MK akan mengabulkan tuntutan GNPK.

"Buat saya ini harus hati-hati dan dipikir betul implikasi dari usulan tersebut. Ini berbahaya, karena akan menjadi sangat liberal parlemen kita," tegas Lukman di gedung DPR Senayan, Senin (23/7).

Jika fraksi dibubarkan, Lukman tidak dapat membayangkan bagaimana rumitnya mekanisme pengambilan keputusan.

"Padahal pengambilan keputusan itu kan banyak sekali di DPR. Nah kalau fraksi ditiadakan maka setiap anggota 560 itu, berhak mengajukan pendapatnya sendiri-sendiri. Kalau begitu betapa gaduhnya parlemen, betapa bertele-telenya pengambilan keputusan, saya tidak membayangkan," kata Lukman.

Sebaiknya, mekanisme internal tiap fraksi yang diperbaiki. "Jumlah fraksinya disederhanakan. Berapa pun jumlahnya misalnya dua, fraksi yang mendukung program pemerintah dan tidak mendukung pemerintah itu bisa saja, tapi kalau menghilangkan fraksi kan tidak mungkin," tuntasnya.

Nurrina Desiani

Senin, 23 Juli 2012 13:57 WIB

Top