MPR sosialisasikan empat pilar negara di Palu

Palu (ANTARA News) - Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI menggandeng Kementerian Agama di Sulawesi Tengah menggelar pelatihan pelatih sosialisasi empat pilar negara yang berlangsung di Palu, selama lima hari.

Wakil Ketua MPR Lukman Hakim Saifuddin setelah pembukaan pelatihan pelatih di Palu, Kamis malam, mengatakan, Provinsi Sulawesi Tengah merupakan provinsi ke-15 menjadi sasaran pelatihan pelatih.

"Kami menghimpun tokoh-tokoh agama bekerja sama dengan Kementerian Agama. Mereka prioritas untuk calon instruktur," kata Lukman.

Peserta pelatihan tersebut juga melibatkan tenaga pendidik guru agama, dosen, pendidik di pondok pesantren serta perwakilan organisasi keagamaan sebanyak 100 orang.

Lukman mengatakan sosialisasi tersebut dilakukan karena saat ini arus globalisasi dari luar semakin kuat sehingga nilai-nilai dari luar tidak bisa dihindari.

Dia mengatakan, nilai-nilai tersebut tidak semuanya baik sesuai dengan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia yakni Pancasila.

"Sekarang kita muda sekali terpancing, karena nilai-nilai luhur bangsa kita mulai tergerus akibat pengaruh dunia global. Berkelahi antar kampung, korupsi, bahkan banyak pejabat yang tidak tahu lagi nilai-nilai Pancasila," kata Lukman.

Dia mengatakan, sosialisasi tersebut penting agar masyarakat tidak meninggalkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam empat pilar negara yakni Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara RI, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika.

Lukman mengatakan, sosialisasi tidak saja di kalangan para agamawan tetapi di kalangan pejabat juga menjadi prioritas utama.

Untuk penguatan empat pilar tersebut, MPR juga akan melakukan sosialisasi melalui berbagai kegiatan seperti lomba cerdas cermat tingkat SMA, sosialisasi di kabupaten/kota, seminar dan lokakarya, pagelaran seni, dialog interaktif di media audio visual dan dialog di kampus-kampus.

Menurut rencana, sebanyak 15 orang narasumber dari MPR RI memberikan pelatihan pelatih yang diikuti 100 orang peserta tersebut.

Sebanyak empat anggota MPR sudah tiba di Palu Kamis malam dan rencananya pelatihan akan dilaksanakan Jumat (28/9) pagi.
(A055/Z002)

Editor: Ruslan Burhani
Kamis, 27 September 2012 23:57 WIB | 1184 Views

Top