Lukman: Kita Butuh Pemimpin Paham Indonesia

JAKARTA – Indonesia membutuhkan pemimpin yang memahami realitas ke-Indonesiaan baik segi negatif dan positifnya. Ini penting agar pemimpin yang ada tidak terjebak kepentingan pragmatis yang sibuk mengurus kepentingan pribadi dan kelompoknya.


“Kita butuh pemimpin yang paham masalah Indonesia secara utuh. Sosok pemimpin yang dituntut merawat kearifan lokal sehingga melahirkan kebijakan positif dan pro rakyat, “ jelas Wakil Ketua MPR RI Lukman Hakim Saifuddin dalam diskusi di Gedung Juang, Jakarta Pusat, Senin (29/10)
Menurut Lukman, saat ini Indonesia terjebak pada kepemimpinan popularitas. Akibatnya sejak reformasi, bangsa ini hanya berhasil melahirkan pemimpin yang terjebak politik pencitraan dan transaksional.
“Sejak reformasi, Indonesia hanya berhasil melahirkan pemimpin transaksional. Sedangkan pemimpin idealis dan berjiwa aktivis banyak yang tenggelam, “ tegasnya.
Untuk itu, Lukman mengharapkan adanya proses rekayasa kepemimpinan agar pemimpin idealis, aktivis dan memiliki integritas mampu tampil ke depan.
“Ini harus dipandang sebagai persoalan serius. Kesalehan individu pemimpin harus dimassifkan sebagai kesalehan sosial, seperti pejuang anti korupsi yang jelas berintegritas harus mampu menjadi panutan masyarakat, “ pungkasnya.

Inggar Saputra, Berita99  
30 Oktober 2012 jam 06:57

Top