Wakil Ketua MPR : Buktikan Keterlibatan Boediono Harus Lewat HMP

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Ketua MPR RI Lukman Hakim Syaefuddin sepakat untuk membuktikan keterlibatan mantan Gubernur Bank Indonesia Boediono dalam kasus Century butuh penyelidikan DPR RI. Hal itu dilakukan lewat hak menyatakan pendapat (HMP). Sebab Boediono menjabat sebagai wakil presiden RI.

"Jadi begini, ketika seorang WNI menjadi presiden atau wakil presiden, maka tidak bisa menjalani proses hukum sebagaimana lazimnya warga negara biasa," kata Lukman di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (20/11).

Menurut Lukman, dugaan kejahatan yang dilakukan seorang Presiden atau Wapres tidak bisa diusut Polri, Kejagung, ataupun KPK. Tapi hanya bisa diusut DPR. Yang mengadili pun bukan pengadilan tapi Mahkamah Konstitusi.

"Ada lima pelanggaran hukum yang bisa dijadikan dasar di antaranya pengkhianatan, korupsi, suap, atau melakukan perbuatan tercela," kata dia.

Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan ini meyakini DPR pasti akan mengamati KPK. Termasuk respon KPK. "Jadi dengan atau tanpa ada hasil penyidikan oleh aparat, DPR bisa menggunakan Hak Meyatakan Pendapatnya,"kata Lukman.(Andhini)

Selasa, 20 November 2012 19:28 WIB

Top