Menteri Agama Dorong Pemerintah Arab Saudi Bangun Tenda Permanen di Arafah

Metrotvnews.com, Jakarta: Cuaca buruk yang akhir-akhir ini terjadi di Arab Saudi bertepatan dengan musim haji 2015 membuat pemerintah Indonesia akan mendorong pemerintah Arab Saudi untuk membangun tenda-tenda permanen di Arafah. Hal ini menyusul banyaknya tenda yang roboh terkena angin kencang.

Dilansir dari Kemenag.go.id, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meminta maaf atas kejadian itu. dia mengatakan, robohnya tenda-tenda di Arafah menjadi bahan evaluasi bagi pemerintah.

"Setelah prosesi haji, kami akan langsung berkomunikasi dengan Pemerintah Arab Saudi agar ada perbaikan fasilitas di Arafah," ujarnya, saat meninjau kegiatan wukuf di Arafah, Rabu (23/09).

Menteri Lukman menyatakan kualitas tenda di Arafah tidak sebaik tenda di Mina. Karenanya, dia akan meminta pemerintah Arab untuk mengganti tenda-tenda tersebut seperti yang ada di Mina.
Seperti diketahui, tenda-tenda di Arafah sekarang ini hanya dipasang ketika musim haji. Tenda-tenda sementara ini tak kuat menahan terpaan angin kencang.

"Angin semalam tidak sekencang angin ketika kejadian crane di Masjidil Haram. Karena itu, kami berharap ada tenda permanen di Arafah," ujar Lukman.

Setelah melaksanakan wukuf di Arafah, jemaah akan bergerak ke Muzdalifah pada Rabu malam. MEL


Meilikhah - 23 September 2015 21:20 wib

 

Top