Pesan langsung di sini. Tersedia di TokopediaBukalapak, dan ShopeeSelamat berbelanja.


Di tengah dua arus cara beragama yang kian menguat, yaitu terlalu kaku dan rigid serta kelewat longgar dan bebas tanpa batas dalam memahami dan mengamalkan ajaran agama, dimana keduanya itu berdampak pada pengingkaran inti pokok ajaran agama, buku 'Moderasi Beragama' karya Bapak Lukman Hakim Saifuddin ini sangat dibutuhkan. Buku ini memberikan pilihan cara beragama yang ideal yang jauh dari perilaku berlebihan dan melampaui batas. Dengan buku ini umat beragama mampu menangkal bahaya politisasi identitas dan narasi-narasi provokatif yang memecah belah umat beragama.

Sejak terbit pertama kali di akhir tahun 2022 buku ini terus mendapatkan sambutan luas dari masyarakat. Untuk memenuhi kebutuhan dan ketersediaan buku telah dilakukan beberapa kali cetak ulang. Kali ini cetakan kesepuluh, alhamdulillah telah terbit pada Februari 2024. Diharapkan buku ini dapat berkontribusi menjaga dan memelihara kedamaian hidup beragama di Tanah Air tercinta sekaligus merawat keberagaman bangsa Indonesia.

Buku ini dihadirkan untuk menyegarkan ingatan kita bahwa negeri ini dibangun oleh para pendiri bangsa -- yang berbeda-beda latar belakang suku dan agamanya -- sebagai negara kesepakatan yang konstitusinya selaras dengan nilai-nilai agama. Kewajiban kita untuk menjaga keutuhannya di tengah berbagai tantangan zaman. Dan, moderasi beragama adalah jembatan yang menghubungkan kita pada ingatan lawas kolektif bangsa menuju sikap waras demi kemasalahatan bersama.

Melalui moderasi beragama semoga semua anak bangsa kembali akur setelah sempat saling ngawur akibat polarisasi politik. Semoga pihak yang berseteru atas nama apapun, termasuk atas nama agama, kembali bersatu melaksanakan esensi ajaran agama. Semoga siapapun yang cara beragamanya kelewat batas tak semakin bablas, tapi mampu kembali ke jalan tengah yang cerah. Semoga kita semua, khususnya elit negeri ini memperoleh kesadaran untuk tidak meraih kuasa dan menggunakannya melalui cara yang bertentangan dengan nilai agama. Semoga kita semua terus mendapatkan petunjuk-Nya untuk menjadi umat beragama yang terbaik, sekaligus bangsa yang diberkati oleh-Nya.

Data Buku

Judul: Moderasi Beragama, Tanggapan atas Masalah, Kesalahpahaman, Tuduhan, dan Tantangan yang Dihadapinya.
Penulis: Lukman Hakim Saifuddin
Tebal : xii + 236 halaman
Ukuran: tinggi 20 cm x lebar 14 cm
Bahan: kertas book paper 57 gsm
ISBN: 978-623-09-0778-4
Penerbit: Yayasan Saifuddin Zuhri Jakarta


Cetakan pertama, Mei 2022; Cetakan kedua, November 2022; Cetakan ketiga, Desember 2022; Cetakan keempat, Januari 2023; Cetekan kelima, Mei 2023; Cetakan keenam, Juni 2023; Cetakan ketujuh, Juli 2023; Cetakan kedelapan, September 2023; Cetakan kesembilan, November 2023; Cetakan Kesepuluh, Februari 2024. 


Harga: Rp 80.000 per buku (tidak termasuk ongkir). Pesan: langsung di sini.

Buku ini juga tersedia di toko online kami dan bisa bayar di tempat saat paket diterima (COD): tokopediabukalapak, dan shopee