Tantangan Parpol Semakin Berat

JAKARTA – Tantangan partai politik di masa mendatang semakin berat. Sebagai salah satu saluran yang melahirkan pemimpin politik, parpol diharapkan bergerak sesuai konstitusi dan mampu melahirkan sumber daya manusia yang handal.

“Ada dua tantangan berat yang dihadapi partai politik di masa depan yakni persoalan batas minimal pengajuan capres dan lemahnya kualitas SDM parpol, “ jelas Wakil Ketua MPR RI Lukman Hakim Saifuddin dalam diskusi “Merawat Indonesia Untuk Kepemimpinan Alternatif” di Gedung juang, Jakarta Pusat, Senin (29/10)

Menurut Lukman, batas minimal minimal perolehan kursi untuk mengajukan capres-cawapres  sampai sekarang masih jadi polemic. Ini disebabkan aturan itu sebenarnya inkonstitusional dan menghambat kelahiran pemimpin alternatif.

“Dalam UUD 1945 aturan itu tidak ada. Konstitusi hanya menegaskan yang boleh mengusung capres adalah partai politik, “ tegasnya

 Terkait kualitas SDM parpol yang lemah, Lukman menyatakan banyak kader parpol tidak memiliki integritas dan kapabilitas yang memadai.

“Parpol tidak hidup dalam ruang hampa. Dia hidup di masyarakat sehingga diharapkan mencari pemimpin yang memiliki integritas dan kapabiltas yang baik, “ pungkasnya.

Inggar Saputra, Berita99, 30 Oktober 2012 jam 01:30

Top