Waketum PPP Harap Tahun 2013 Tak Marak Korupsi Politisi

Jakarta - Wakil Ketua Umum PPP Lukman Hakim Saifuddin berharap di tahun 2013 tidak marak korupsi politisi, seiring dengann makin dekatnya Pemilu 2014. Para politisi diimbau mengendalikan diri dan tidak tamak.

"Tahun 2013 diprediksi sebagai tahun marak korupsi oleh politisi? Saya amat berharap itu tak terjadi. Untuk itu, perlu lebih ditekankan 3 hal sebagai fokus perhatian utama," kata Lukman dalam siaran pers, Rabu (2/1/2013).

Yang pertama, para politisi diimbau untuk tak tamak, karena itu menjadi penyebab timbulnya praktik korupsi. Penegak hukum juga didorong untuk melakukan tindakan-tindakan pencegahan korupsi.

"Pertama, setiap politisi harus benar-benar mampu mengendalikan diri, jangan mudah larut dengan ketamakan yang tiada henti yang menjadi akar penyebab timbulnya praktik korupsi. Kedua, semua lembaga dan aparat penegak hukum kita harus terus meningkatkan kinerjanya dengan saling bersinergi. Jangan lagi silang-sengketa justru terjadi di antara para penegak hukum dan sesama institusi pemberantas korupsi," kata Lukman.

Masyarakat juga harus diedukasi untuk memerangi korupsi. Juga memberikan sanksi moral kepada para politisi koruptor.

"Masyarakat melalui pers harus terus diedukasi untuk memerangi korupsi, memberi sanksi moral dan menghukum parpol dan politisi yang masih saja korupsi dengan tidak memilihnya kembali sebagai pejabat publik negeri ini," dorongnya.

Rabu, 02/01/2013 11:35 WIB
Elvan Dany Sutrisno - detikNews

Top