PPP Imbau Kadernya tak Gunakan Dana Korupsi

Sindonews.com - Menghadapi Pemilu 2014 mendatang, politikus harus lebih optimal melakukan konsolidasi politiknya. Namun, proses itu membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Kendati begitu, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) berharap para politikusnya tetap menggunakan dana hahal yang bisa  terjerat kasus korupsi.

"Saya amat berharap itu tak terjadi (perilaku korupsi)," ujar Wakil Ketua Umum PPP Lukman Hakim Saifuddin saat dihubungi wartawan, Rabu (2/1/2013).

Lukman yang juga Wakil Ketua MPR mengimbau, setiap politikus harus memegang tiga prinsip supaya tidak terjebak dalam tindak pidana korupsi. Menurutnya, setiap politikus harus lebih hati-hati supaya mampu mengendalikan diri tidak terpengaruh terhadap perilaku korupsi.

"Jangan mudah larut dengan ketamakan yang tiada henti yang menjadi akar penyebab timbulnya praktik korupsi," katanya.

Dia menambahkan, semua lembaga dan aparat penegak hukum harus meningkatkan kinerjanya. Karena, KPK harus bersinergi dengan lembaga penegak hukum lainnya.

Lanjutnya, sengketa antara lembaga penegak hukum tidak perlu terulang kembali. Persoalan itu, membuat menyita waktu dan menyebabkan banyak persoalan hukum lainnya terbengkalai.

Lanjutnya, masyarakat harus ikut memerangi korupsi dan memberikan sanksi moral kepada para pelaku korupsi.

"Menghukum parpol dan politikus yang masih saja korupsi dengan cara tidak memilih kembali mereka sebagai pejabat publik di negeri ini," pungkasnya. (mhd)

Slamet Riadi - Sindonews

Rabu, 2 Januari 2013, 12:44 WIB

Top