PPP Berencana Undang JK, Gita, Mahfud ke Konvensi Capres

JAKARTA - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tidak mau kalah dengan Partai Demokrat yang lebih dulu mewacanakan konvensi untuk menjaring calon presiden yang pantas di Pemilihan Presiden 2014 mendatang.

"Kita sedang mempersiapkan konvensi intinya kita ingin mendapatkan capres terbaik dari yang ada," ujar Wakil Ketua Umum PPP Lukman Hakim Saifuddin di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (24/4/2013).

Siapa saja yang akan dicalonkan dalam konvensi tersebut, Lukman mengatakan nama-nama calon presiden itu tidak jauh dari yang sudah banyak disebutkan di media. "Jusuf Kalla, Pramono Edhie Wibowo, Gita Wirjawan dan Mahfud MD. Salah satunya Suryadharma Ali juga," katanya.

Lukman mengatakan, model konvensi yang dilakukan oleh partainya bukanlah konvensi terbuka seperti membuka bursa lowongan kerja. Namun, lebih menitikberatkan kepada calon yang pantas untuk diusung ke depan.

"Kita tidak terbuka sepenuhnya. Kita tidak mau jadi peluang job seeker. Kita terbuka tapi fokus terhadap orang-orang yang layak saja. Terbuka dalam artian konvensi bisa diikuti kalangan PPP saja tapi kalangan tua, tapi akdemisi," tuturnya.

Sementara kriteria capres seperti apa yang layak diusung oleh PPP, Lukman menjelaskan hal itu akan diseleksi oleh tim khusus dari internal PPP. "Nanti ada tim sendiri di partai yang mengidentifikasi mana-mana saja layak. Tentu ada kriteria," katanya.

Sedangkan untuk pelaksanaan konvensi sendiri, sambung Lukman, akan diadakan pada Agustus 2013 mendatang. (put)
Rabu, 24 April 2013 11:39 wib

Top