PPP: Ide Poros Tengah Hanya Masa Lalu

TEMPO.CO , Jakarta:Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Lukman Hakim Saifuddin mengatakan ide poros tengah yang sedang digagas Amien Rais tidak relevan lagi untuk masa sekarang. Pasalnya, kelahiran poros tengah dulu untuk menjembatani dua kubu politik yang berseberangan.

"Tidak relevan tetapi PPP sangat menghormati dan mengapresiasi bagi mereka yang menyakininya," kata Lukman saat dihubungi, Jumat 11 September 2013.

Menurut dia, tidak adanya gesekan kedua kubu politik yang berseberangan menjadikan wacana poros tengah tidak perlu disuarakan. Lukman mengatakan persoalan bangsa yang dihadapi saat ini terlalu besar jika dipikul oleh kelompok tertentu, seperti partai-partai islam yang tergabung dalam poros tengah.

Bila koalisi itu terbentuk, Lukman menyarankan kelompok nasionalis dan partai islam dapat bekerjasama. "Sekat-sekat itu terlalu tajam dan rigid. Tidak cukup diatasi oleh golongan tertentu saja."

PPP, kata Lukman, bakal lebih tertarik dengan sosok calon presiden daripada gagasan poros tengah. Saat ini, figur yang mempunyai integritas, rekam jejak yang baik, mempunyai kemampuan memimpin bangsa dan bisa diterima oleh semua pihak lebih dibutuhkan daripada konsep yang ditawarkan oleh Amien Rais itu.

Sabtu, 14 September 2013 | 03:14 WIB

Top