PPP Mendukung Pilkada Melalui DPRD

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Wakil Ketua Umum DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Lukman Hakim Saifuddin, mengatakan partainya mendukung mekanisme pemilihan kepala daerah (Pilkada) melalui DPRD. Hal tersebut kini masih dibahas di rapat Rancangan Undang-Undang (RUU) Pilkada di DPR.

Kepada wartawan di kantor PPP, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (03/02/2014) Lukman mengatakan pemilihan tidak langsung itu salah satunya bisa mengurangi tingkat konflik horizontal.

"Kita sudah mempraktekan demokrasi perwakilan selama 60 tahun, ini bagian dari ketatanegaraan," ujarnya.

Kata dia biaya politik pemilihan langsung tidak lah murah. Oleh karena itu tidak heran banyak kepala daerah yang akhirnya terseret kasus hukum karena korupsi. Pemilihan tidak langsung menurutnya dapat mengurangi biaya politik, maupun praktik-praktirk politik transaksional.

"Untuk memastikan agar kepala daerah terpilih bukan karena banyak-banyakkan logistik. Tidak sedikit kepala daerah bergantung pada pendapatan," jelasnya.

Lukman menyinggu sila ke empat Pancasila, yang berbunyi "Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan”. Kata dia sila itu menganjurkan demokrasi perwakilan.

"Sila ke empat adalah demokrasi perwakilan," tandasnya.

Senin, 3 Februari 2014 21:39 WIB

Top