PPP Belum Putuskan Arah Koalisi

TEMPO.CO, Jakarta - Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Persatuan Pembangunan Lukman Hakim Saifuddin mengatakan partainya sampai saat ini belum memutuskan arah koalisi pada pemilihan umum presiden 2014. Partai berlambang Kakbah ini mengaku masih konsentrasi dalam pemenangan pemilihan legislatif, 9 April mendatang.

"Sebab, pileg ini kan persyaratan formal untuk koalisi," kata Lukman saat dihubungi Tempo, Selasa, 18 Maret 2014.

Meski begitu, PPP tak lantas diam saja. Menurut Lukman, PPP tetap membuka komunikasi ke semua parpol peserta pemilu. PPP tak membedakan komunikasi antara partai politik berbasis Islam maupun nasionalis.

Lukman mengatakan, demi kepentingan bangsa, tak bisa lagi mengkotak-kotakkan parpol aliran nasionalis dan agamis. "Perlu gotong royong dari semua pihak," katanya.

Saat disinggung parpol mana saja yang intensif didekati PPP, Lukman tak mau menjawab. Pertemuan politik dengan tokoh sejumlah parpol, kata dia, dilakukan PPP sebatas keperluan informal. Belum sampai tahap pembicaraan serius soal koalisi.

Kembali disinggung kedekatan dengan Partai Demokrat, Lukman mengaku hal itu belum bisa dijadikan acuan arah koalisi baru. Kemungkinan koalisi dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, partai yang selalu mengantongi hasil survei elektabilitas tertinggi, lagi-lagi Lukman belum bisa memastikan.

Menurut Lukman, acuan koalisi PPP bukan sekadar kedekatan semata. Perhitungan utama koalisi PPP adalah kesamaan visi dan misi membangun pemerintahan. Perhitungan kedua adalah kualitas ketokohan pimpinan partai politik yang bakal diajak koalisi. "Tapi tokoh itu, ya, harus dapat dukungan suara, juga punya potensi," kata Lukman.

INDRA WIJAYA


Tempo.co Pemilu 2014 pemilu_berita
Selasa, 18 Maret 2014 | 14:29 WIB

Top