PPP Sumbar Ingin Lukman Hakim Jadi Ketua Umum PPP

TEMPO.CO, Padang - Sejumlah dewan pimpinan cabang Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Sumatera Barat menginginkan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mencalonkan diri sebagai Ketua Umum PPP pada Muktamar PPP, 23 Oktober 2014.

"Saya dengar, banyak DPC yang inginkan Lukman," ujar Ketua DPW PPP Sumatera Barat Yulfadri Nurdin, Rabu, 8 Oktober 2014. (Baca juga: Majelis Syariah PPP: Muktamar Dipercepat dan Islah)

Yulfadri menuturkan Lukman memiliki rekam jejak yang bagus di partai berlambang Ka'bah ini. Lukman dianggap mengikuti sifat bapaknya, KH Saifuddin Zuhri, yang merupakan pendiri PPP dan pernah menjadi Menteri Agama era Sukarno.

Menurut Yulfadri, Lukman dikenal sebagai sosok yang santun dalam berpolitik. Lukman tidak memihak dan menjadi penengah saat partai ini berkonflik. "Dia tidak ambisius, berpengalaman dalam memimpinb dan mampu berkomunikasi dengan elite politik di Tanah Air," ujarnya.

Apalagi Lukman memiliki integritas yang jelas. Demi tanggung jawab sebagai Menteri Agama, Lukman rela mengundurkan diri sebagai anggota DPR 2014-2019. "Dia korbankan jabatan lima tahun untuk mengemban tanggung jawab yang tinggal satu bulan lagi. Ini langka terjadi," tuturnya.

Yulfadri mengaku Lukman belum membuka diri untuk maju dalam Muktamar PPP nanti. "Belum ada komunikasi ke arah sana," katanya. Kendati demikian, Yulfadri tetap berharap dan menanti Lukman mencalonkan diri.

KAMIS, 09 OKTOBER 2014 | 09:23 WIB

Top