Menapak Jejak Mengenal Watak 29 Tokoh Nasional NU

Buku ini mengisahkan secara garis besar kehidupan para kiai pendiri dan penggagas organisasi kemasyarakatan Islam terbesar di Indonesia Nahdlatul Ulama. Kisah-kisah yang tersaji di dalam buku ini dapat memberikan gambaran tentang jejak langkah perjuangan dan peran historis para ulama sejak dalam penumbuhan kesadaran nasionalisme awal di nusantara, perlawanan terhadap imperialisme, hingga berdirinya Republik Indonesia merdeka. Buku yang diberi kata pengantar oleh Gus Mus ini juga menggambarkan pasang surut pengabdian NU

dalam kancah pembangunan bangsa serta potret kepribadian atau watak para tokohnya yang patut menjadi suri tauladan.

Judul: Menapak Jejak Mengenal Watak (Kehidupan Ringkas 29 Tokoh NU)
Kata Pengantar: KH. A. Mustofa Bisri
Pengantar Penerbit: Lukman Hakim Saifuddin
Cetakan: Kedua/edisi revisi 2012
Penerbit: Yayasan Saifuddin Zuhri
Ukuran: xx + 459 hlm.; 14,5 cm x 21 cm; gambar/foto

Buku tentang tokoh NU bisa dihitung dengan jari. Di samping untuk memenuhi kelangkaan tersebut, buku ini diharapkan dapat menjadi rintisan awal dalam ikut mendorong lahirnya buku-buku sejenis yang lebih baik lagi.

...rata-rata tokoh yang ditampilkan dalam buku ini memang memiliki tidak hanya satu “sudut keistimewaan” yang menonjol. Contoh yang segera dapat kita lihat adalah sosok tokoh KH. Hasyim Asy’ari. Beliau tidak hanya pendiri NU dan tokoh sentral yang memberi inspirasi perjuangan para kiai, apalagi sekadar pembela kaum bermadzhab. Mereka yang membaca Muqaddimah Qanun Asasi NU saja akan segera tahu bahwa beliau lebih dari itu semua. ...inilah buku yang sudah lama dinanti dan sudah sering diusulkan oleh banyak warga NU sendiri di berbagai kesempatan.

KH. A. Mustofa Bisri

Top